Monday 17 February 2014

Surah Ar Rum ayat 41-42



30:41



30:42


 

Terjemahan surah Ar-Rum ayat 41-42
41.  Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
42.  Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”


Isi kandungan
1.     Pada awalnya lautan dan daratan itu masih bersih dan subur, tetapi akhirnya mengalami kerusakan akibat ulah manusia. Contoh: kerusakan yang muncul pencemaran karena limbah industri, polusi kendaraan/asap pabrik, dan penebangan hutan.
2.     Teknologi yang dikuasai manusia makin lama semakin maju, kemajuan tersebut sering mendatangkan dampak negatif seperti peperangan yang mengakibatkan kerusakan.
3.     Jika terjadi kerusakan, yang rugi adalah manusia sendiri, mereka harus menderita menanggung akibat dari ulahnya sendiri.


Kesimpulan
1.      Kerusakan alam bisa terjadi karena ulah perbuatan tangan manusia sendiri.
2.      Dampak negatif  kerusakan akan dirasakan manusia.
3.      Manusia dianjurkan untuk melihat sejarah, bagaimana akibat umat yang berbuat di bumi ini, dan jadikanlah itu sebagai peringatan bagi dirinya.
4.      Manusia diperingatkan untuk selalu mengingat Allah dan tidak menyakutukannya dengan sesuatu apapun selain dariNya, karena itu akan berdampak buruk, baik bagi lingkungan, juga bagi manusia sendiri.


Contoh perbuatan menjaga kelestarian lingkungan hidup
a)      Pencegahan masalah air dilakukan dengan cara pencegahan pencemaran, pengamanan pintu-pintu air, pengunaan air tidak boros. Hutan-hutan disekitar sungai, danau, mata air dan rawa perlu diamankan. upaya untuk mengurangi pencemaran sungai diantaranya melalui program kali bersih (prokasih) terhadap sungai-sungai yang telah tercemar.
b)      Mencegah cara ladang berpindah / Perladangan Berpindah-pindah.Terkadang para petani tidak mau pusing mengenai kesuburan tanah. Mereka akan mencari lahan pertanian baru ketika tanah yang ditanami sudah tidak subur lagi tanpa adanya tanggung jawab membiarkan ladang terbengkalai dan tandus. Sebaiknya lahan pertanian dibuat menetap dengan menggunakan pupuk untuk menyuburkan tanah yang sudah tidak produktif lagi.
c)      Contoh perbuatan yang paling sederhana dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup, yaitu dengan selalu nembuang sampah pada tempatnya, dan tidak membuangnya sembarangan. Karena perbuatan membuang sampah sembarangan ini, dapat menyebabkan banjir. Karena banjir bisa terjadi akibat tertutupnya saluran-saluran air, sehingga air hujan atau air lainnya, tidak dapat mengalir dengan lancar.
d)     Tidak membuang sampah sembarangan.
e)      Tidak membunuh binatang sembarangan.


No comments:

Post a Comment